maryamah karvop resmi diluncurkan

imagesSetelah menanti cukup lama, akhirnya Andrea Hirata meluncurkan novel terakhir dari tetralogi Laskar Pelangi (LP) yang berjudul Maryamah Karpov (MK) di MP Bookpoint, Cipete, Jakarta, Jumat (28/11) malam.

Andrea mengklaim MK sebagai novel LP kedua. Pasalnya dalam penggarapan novel tersebut, pria asal Belitong ini mengaku kembali pada masa-masa ketika dia menulis LP. Masa di mana Andrea mengaku sebagai seseorang yang bodoh.

“Dulu waktu dulu saya nulis LP saya tidak tahu apa-apa tentang novel atau sastra. Karena LP ditulis untuk Bu Muslimah. Terus saya balik lagi nulis Maryamah Karpov, saya merem (memejamkan mata) gitu, menganggap diri saya sangat bodoh seperti dulu, enggak tahu apa-apa, enggak tahu novel,” ungkap Andrea di acara peluncuran bukunya tersebut.

“Kemudian begitu dia selesai, saya tutup buku itu malam-malam, saya ingat betul, saya rasanya menulis Laskar Pelangi kedua,” kenangnya.

awAcara peluncuran MK dihadiri sejumlah bintang film LP. Di antaranya, Mathias Muchus, Cut Mini dan Salman Aristo, penulis skenario film LP. Giring ‘Nidji’, juga memeriahkan suasana dengan menyanyikan lagu LP yang menjadi soundtrack utama film garapan Riri Riza, yang hingga saat ini masih ditayangkan di sejumlah bioskop.

Di acara peluncuran buku tersebut, puluhan penggemar LP juga tampak memadati MP Bookpoint. Sebelum duduk di hadapan Andrea, para penggemar itu langsung membeli MK yang sudah disediakan di MP Bookpoint. Mereka pun rela mengantri untuk mendapatkan tandatangan sang penulis dalam sesi khusus yang digelar usai acara peluncuran.

Andrea mengatakan MK dipersembahkannya untuk kedua keponakannya yang masih kecil. Novel itu juga menjadi persembahan istimewa dari Andrea untuk sang ibunda tercinta.

MK menunjukkan sebuah perjuangan. Maryamah Karpov saya anggap sebagai saya putra melayu yang udik (kampungan) itu representatif sekali,” kata Andrea.

Jadi penasaran ya gimana ending tetralogi laskar pelangi??

~ oleh si bolang pada November 30, 2008.

6 Tanggapan to “maryamah karvop resmi diluncurkan”

  1. Kalo ada yang udah beli, kasih tahu bolang ya!
    takutnya bolang ndak kebagian jadi bisa pinjem kan

  2. Gw udh tau maryamah udh k luar. Tp agak kecewa krn ga serentak d sluruh indonesia. Jd yg d daerah cm bs gigit jari. Ah… Andrea pilih kasih.

  3. Brpa hrga bku mrymah krvop trus ada s lntang n s aling gag

  4. sip….!

  5. dah ado lang, di gramed lg banyak2nyo. hrgnyo 79rb.

  6. pengen ne…………… bisa download ebook ga?????

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: