Ingin jadi pahlawan? lempar aja BUSH pake sepatu

bushMUNTAZER al-Zaidi (28), Senin (15/12), mendadak terkenal. Dia bahkan dianggap sebagai “pahlawan”, terutama oleh kelompok anti-AS dan anti-Presiden AS George W Bush, setelah melemparkan sepatu ke arah Bush, Minggu. Tidak ada yang tahu motif wartawan koresponden stasiun TV Al-Baghdadia di balik pelemparan sepatu itu.
Zaidi tiba-tiba saja marah dan melemparkan sepatunya secara bergantian ketika Bush dan Perdana Menteri Irak Nuri al-Maliki bersiap-siap menjawab pertanyaan wartawan. Kolega-kolega Zaidi menuturkan, selama ini Zaidi kerap menyampaikan laporannya dari Distrik Sadr City, Baghdad, Irak. Daerah itu termasuk ”markas” tokoh radikal Syiah, Moqtada al-Sadr.
Atas perbuatannya ini, Muntazer al_Zaidi, sang reporter yang dimaksud, mungkin akan dipenjara dengan tuduhan menghina pemerintah Iraq. Dalam budaya Arab, melemparkan sepatu, adalah hinaan paling besar yang dilakukan oleh seseorang.
Berbagai tanggapan muncul. Semua rakyat Iraq mendukung tindakan reporter TV Shi’lite itu. Televisi lokal, Al-Baghdadiya memutar musik patriotik yang tak henti-hentinya, dengan menampilkan wajah Muntazer secara penuh. Aksi Muntazam sekarang banyak pula ditiru. Tidak sedikit rakyat Iraq yang melempari pasukan AS dengan memakai sepatu ketika mereka tengah konvoy di kota-kota lainnya.

“Syukur pada Allah, perbuatan Muntazer membuat rakyat Iraq bangga!” ujar Udai al-Zaidi, saudaranya, kepada Reuters. “Saya yakin, banyak sekali rakyat Iraq yang ingin melakukan hal yang sama dengannya. Karena Bush, banyak anak Iraq yang menjadi yatim-piatu.” Atas perbuatannya ini, Muntazer al_Zaidi, sang reporter yang dimaksud, mungkin akan dipenjara dengan tuduhan menghina pemerintah Iraq. Dalam budaya Arab, melemparkan sepatu, adalah hinaan paling besar yang dilakukan oleh seseorang.

Pernah diculik

Bahkan, menurut teman-temannya, Zaidi pernah diselamatkan Tentara Mahdi, milisi Sadr, ketika diculik selama lebih dari dua hari oleh kelompok bersenjata, November 2007. Selama diculik, kedua matanya ditutup dengan kain dan tidak makan atau minum. Ia dipukuli hingga pingsan dan tidak pernah tahu identitas penculiknya. Ia dicerca dengan pertanyaan seputar pekerjaannya, tetapi kelompok itu tidak meminta uang tebusan.
Rekan-rekan Zaidi mengakui, Zaidi membenci Bush dan menuding Bush bertanggung jawab atas pertumpahan darah di Irak setelah invasi AS tahun 2003. Tidak jelas apakah ia kehilangan anggota keluarga akibat gejolak kekerasan di Irak.
Saking bencinya pada AS dan Bush, Zaidi disebut-sebut pernah ingin melancarkan serangan. Tidak jelas apakah itu serangan bersenjata atau hanya sekadar melempar sepatu.
Namun, menurut rekannya di Al-Baghdadia kantor Baghdad, Zaidi memang sejak lama ingin melemparkan sepatunya ke arah Bush jika ada kesempatan. ”Ketika dia bilang ingin melakukan itu, kami semua tidak ada yang percaya. Dia membenci AS. Benci tentara AS. Benci Bush,” kata rekan Zaidi yang tidak mau disebutkan namanya itu.

Lulusan Baghdad University itu telah bekerja di Al-Baghdadia selama tiga tahun. Salah seorang pejabat di Al-Baghdadia mengaku, keluarganya pernah ditahan pada masa rezim Saddam. Kini Zaidi ditahan Pemerintah Irak. Jika terbukti bersalah menghina kepala negara yang tengah berkunjung, ia terancam minimal hukuman dua tahun penjara atau 15 tahun penjara jika terbukti melakukan percobaan pembunuhan
Rakyat berdemo

20081216054614Ribuan warga Irak turun ke jalan untuk menuntut seorang dibebaskanya reporter yang melempar Presiden Bush dengan sepatu.
Sebelumnya, pejabat saluran televisi Irak, Al-Baghdadiya juga menyerukan agar wartawan bernama Muntadar al-Zaidi tersebut dibebaskan.
Muntadar melemparkan sepatunya ke arah Presiden George W Bush dalam konferensi pers di Baghdad kemarin.
Massa berkumpul di distrik Sadr City, Baghdad, mengelu-elu, Muntadar al-Zaidi pahlawan dibebaskan dari penahanan.
Pejabat Irak menggambarkan insiden itu “mempermalukan”.Pernyataan yang dirilis oleh pemerintah Irak mengatakan, aksi Zaidi, yang juga memaki Presiden Bush, “mengancam reputasi wartawan Irak dan jurnalisme Irak pada umumnya.
Manajemen stasiun televisi Baghdadiya ini mengatakan, Al-Zaidi harus dibebaskan karena dia melaksanakan kebebasan berpendapat, sesuatu yang dijanjikan Amerika kepada rakyat Irak ketika menggulingkan Saddam Hussein.
Lemparan sepatu hampir saja mengenai presiden Bush dan al-Zaidi yang langsung diringkus oleh penjaga keamanan, sekarang ditahan untuk ditanyai.
Memuji tindakan
Saudara laki laki pelaku pelemparan, Uday, memuji tindakan yang ingin dilakukan orang orang lain.
“Jutaan warga Irak dan jutaan orang lain di dunia ingin melakukan apa yang Muntazar kerjakan atau aksi yang sama dengan itu,” kata Uday.
“Alhamdulilah dia memiliki keberanian untuk melakukannya, dan membalas dendam orang Irak terhadap pihak yang merusak dan menduduki negaranya serta membunuh penduduknya,” katanya seperti dikutip situs BBC.
“Lebih dari lima juta orang menjadi yatim piatu karena Bush dan para pembantunya. Kami mengatakan Alhamdulilah karena Muntazar membuat kami bangga,” tambah Udaya
Sementara itu, saudara laki laki lain, Durgham mengatakan Muntazar hanya menyampaikan pesan warga Irak kepada pendudukan Amerika yang diwakilkan presiden Bush.
Menurut Durgham, Muntadar tidak bermaksud mengejek al Maliki atau pemerintah Irak. “Dalam hatinya, Muntazar memiliki pesan yang ingin disampaikan seluruh warga Irak kepada kekuatan pendudukan, lewat presiden Bush,” katanya

~ oleh si bolang pada Desember 16, 2008.

4 Tanggapan to “Ingin jadi pahlawan? lempar aja BUSH pake sepatu”

  1. dah gk usah diusrusin…tuh ………..nanti juga mati……..

  2. salut bwt nyali n keberanian muntazer..
    salut jg bwt refleksnya bush yang OK punya…

  3. sman2prabumulih.wordpress.com – cool sitename man)))
    ————————
    ads: http://hixoh.ru/

  4. yo, sman2prabumulih.wordpress.com great name for site)))
    ————————
    my blog: http://dewat.ru/

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: